Inilah Sebabnya Rasulullah Melarang Seorang Istri Menceritakan Wanita Lain Kepada Suaminya

Posted on 2015-11-27 11:45





Pria diciptakan oleh Allah dengan tabiat tertarik secara visual (wanita). Namun, jika tabiat ketertarikan tersebut tidak dikelola dengan baik, pria akan mudah "berpaling" kepada wanita selain istrinya.

Untuk menghindari hal ini, seorang istri sebaiknya gemar berdandan dihadapan suaminya semenarik mungkin. Selain itu, seorang istri hendaknya tidak mengumbar pembicaraan tentang wanita lain yang membuat suaminya penasaran dan membayangkan yang bukan haknya.

Rasulullah Saw. mengingatkan, "Seorang wanita tidak boleh bergaul dengan wanita lain, kemudian menceritakan kepada suaminya keadaan wanita itu, sehingga suaminya seolah-olah melihat keadaan wanita tersebut" (HR Bukhari dan Muslim).

Misalnya, si istri cerita teman sekantornya yang baru. "Dia itu wanita yang cantik, supel, suka menolong, selalu berpakaian up to date, dan tidak ketinggalan zaman ...." Bisa jadi sang suami malah penasaran dan ingin berkenalan.

 Akibatnya, celah untuk jatuh dalam fitnah makin terbuka. Tak heran jika Aisyah r.a. berpesan kepada wanita yang menemuinya, "Jangan sekali-kali engkau menceritakan keadaanku kepada suamimu" (HR Ibnu Abi Syaibah).











Artikel Menarik Lainnya

Posted on 2015-12-23 16:50
Posted on 2016-04-15 16:27