Kondisinya Memprihatinkan Artis Yana Zein Sampai Jual Koran Demi Biaya Berobat

Posted on 2017-01-06 17:05





Lama tak terdengar, pesinetron senior Yana Zein membawa kabar mengejutkan. Artis yang sering berperan antagonis ini hidup dalam kondisi memprihantinkan setelah berjuang melawan kanker payudara yang sudah dideritanya satu tahun ini.

Demi menjalani pengobatan, Yana harus rela kedua putrinya tidak bisa melanjutkan sekolah. Semua terpaksa dilakukan karena biaya sekolah yang tak sanggup lagi dibayar.

"Iya, betul sekali. Anak-anak gak sekolah bukan keinginan mereka, karena gak ada uang," kata Yana saat dihubungi awak media, Rabu, 28 Desember 2016.

Dengan haru Yana mengaku tidak bisa berbuat banyak dengan kondisi putrinya yang harus putusnya sekolah itu. Sejak suaminya meninggal, otomatis seluruh kebutuhan hidup Yana ditanggung sendiri.

"Sekarang sudah gak bisa kerja. Kemo rambut rontok, muntah muntah, harus transfusi darah, gak mungkin bisa bekerja," ungkapnya.

Yana memang sedikit terbantu dengan mendapatkan bantuan pengobatan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Namun bagi Yana biaya hidup sehari-hari membuat biaya lebih banyak.

"Pakai BPJS, cuma kan biaya tetap aja karena kan mondar mandir ke rumah sakit," ucapnya.

"Harus periksa ke dokter, tes darah. Kemoterapi itu kan memasukkan racun ke dalam tubuh, merusak sistem jadi harus ke rumah sakit terus. Meski BPJS, mau gak mau biaya habis," imbuhnya.Kehidupan pesinetron Yana Zein berubah drastis sejak diketahui mengidap kanker. Perhiasan dan harta yang dimilikinya terpaksa dijualnya. Semua dilakukan ibu dua anak itu untuk berobat dan bertahan hidup.

"Saya gak bisa bekerja lagi sudah satu tahun ini, untuk berobat saya sudah jual perhiasan, sudah jual mobil," kata Yana Zein saat ditemui di RS. Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Tak hanya itu, demi bisa berobat dan menyambung hidup untuk dua anaknya, Yana sampai menjual koran dan perabotan rumahnya termasuk buku-buku sekolah anaknya.

"Jual Koran, buku anak sekolah, kursi kursi di rumah, saya sudah tidak ada suami, siapa lagi yang mencari nafkah kalau bukan saya. Saya kan juga harus membelikan makan untuk anak-anak saya," paparnya.

5 Hari Dirawat, Habis Rp15 Juta

Diakui Wanita 47 tahun ini, biaya rumah sakit sangat mahal. Bagaimana tidak, baru dirawat lima hari, Yana sudah menghabiskan uang Rp 15 juta.

Untuk menutup kebutuhan biaya itu, Yana bahkan meminjam uang ke teman-temannya. " Pinjem kanan kiri, Untuk sehari hari sudah minus. Untuk radiasi, mahal sekali," pungkasnya.

Yana pun memohon agar ada yang membantu dirinya untuk membiayai pengobatannya ini.

Curahan Hati Anak Yana Zein Bikin Haru

Putri pesinetron Yana Zein, Rila, mengaku bisa menerima harus putus sekolah karena keterbatasan biaya –keluarga ini harus mengeluarkan banyak biaya untuk kesembuhan Yana yang mengidap kanker payudara stadium empat. Bagi Rila, yang penting adalah kesembuhan sang bunda.

“Enggak apa-apa, asal mami sembuh saja, karena sekolah bisa ngulang, tapi mami harus cepat sembuh, tetap fokus sama kesembuhan mami saja,” kata Rila di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Selatan, Rabu 28 Desember 2016.

Gadis 13 tahun ini mengaku sedih melihat kondisi ibunya yang terbaring lemah di tempat tidur, sudah tak bisa lagi bekerja seperti dulu.

“Sedih, tapi mau bagaimana lagi. Kami juga enggak tahu bisa dapat penyakit kayak begini, tapi ya harus kuat, nemani mami tiap hari,” ucap Rila.

Prihatin tapi Bangga

Mengetahui ketegaran sang putri, Yana sangat bersyukur. Yana merasa senang karena anaknya bisa menerima kondisinya dan rela menjaganya di rumah sakit setiap hari. “ Luar biasa,” tutur dia.

Yana sangat kagum kepada anak-anaknya yang tidak mengeluh meski tak sekolah. Meski prihatin, dia merasa salut kepada kedua anaknya yang belajar sendiri di rumah.

“Saya sangat bersyukur, Tuhan adil memberi ketabahan buat anak-anak saya,” tutur Yana.











Artikel Menarik Lainnya