Tanggung Jawab Seorang Muslimah Sebelum dan Setelah Menikah

Posted on 2016-04-15 14:56





Sungguh suatu kebanggaan, karena kita dilahirkan sebagai seorang wanita dan insyaAllah akan menjadi seorang muslimah yang lebih baik, Amin. Suatu materi yang sangat indah jika bahas oleh semua orang yaitu tentang munakahat, meskipun kita belum menikah tapi kita wajib untuk mempelajari apa yang harus kita lakukan buat masa depan kita nanti, karena saya yakin kalian semua termasuk juga diri saya pribadi pasti ingin menikah dan ingin mendapatkan pendamping yang shalih yang akan membawa kita menuju surga di akherat kelak. 

Kita sebagai seorang muslimah memiliki tanggung jawab di saat sebelum dan setelah menikah, yang mana ada sebagai berikut:

Tanggung jawab seorang muslimah yang belum menikah
1. Berbuat baik kepada orang tua, terutama IBU, meskipun kita belum bisa menjadi anak yang baik buat orang tua kita, tapi kita harus selalu berusaha agar bisa menjadi anak yang baik, yaitu anak yang sholehah yang insyaAllah kelak kita bisa menyelamatkan ortu kita di akherat kelak.Amin
2. Menjalin hubungan dengan para kerabatnya, hem yang satu kini kandang kita ltidak tahu mana keluarga dari sebelah bapak dan ibu karena sibuk dengan kerjaan kita masing-masing padahal itu sangat penting sekali, saya sendiripun juga menyadari itu. kadang temu dijalan kita tidak tahu bahwa orang tersebut adalah keluarga kita, alangkah baiknya mulai sekarang kita mulai mengenal semua kerabat kita , itupun sebatas kemampuan kita. jangan terlalu dipaksain jika tidak sanggup. ingat step by step, itulah kalau menurut saya perubahan yang baik. ^_^
3. Berhubungan baik dengan para sahabatnya, ya yang tadi tetap jaga silaturrahim dengan baik kepada semua orang.
4. Menunaikan janji orang tua kita selali itu baik dan tidak menyimpang dari ajaran ISLAM, dll.
5. Meringankan beban orang tua kita selagi kita mampu,

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh[294], dan teman sejawat, ibnu sabil[295] dan hambasahayamu.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,” (QS. An Nisa:36)

Tanggung jawab seorang muslimah setelah ia menikah
1. Taat kepada suami, selagi tidak menyimpang dari syariat islam. perlu kita ingat bahwa setelah kita menikah surga itu bisa ita raih jika suami kita ridho, dengan apa yang kita lakukan. jadi alangkah baiknya jika kita menikah nanti sebelum melakukan sesuatu minta izin ma suami dulu.
2. Menjaga kehormatan, nah yang satu ini juga harus di jaga baik. kita juga harus ingat kehormatan suami juga adalah kehormatan istrinya. jadi jadi kita harus jaga kehormatan diri kita baik-baik biar tiedak terkena fitnah yang tidak kita inginkan, istri yang baik adalah selalu menjaga kehormatan dirinya dimata Allah dan suaminya. dll

Rasulullah Sallalallahu ‘alaihi wassalam: “Apabila seorang wanita sholat lima waktu, shoum di Bulan Ramadhan,dan taat kepada suaminya maka ia berhak masuk surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki.” (HR Ahmad dan Thabrani).

Tanggung jawab terhadap anak-anak
1. Kita para muslimah harus mencari ayah yang baik buat anak kita nantinya, yaitu laki-laki yang shalih yang paham dengan Ilmu agama, sehingga ia kan bertanggung jawab kepada istri dan ana-anaknya di dunia dan insyaAllah di akherat kelak. jad kita tidak boleh sembarang pilih ayah buat anak-anak kita nantinya jika kita ingin memiliki keluarga yang sakinah mawaddah warrohmah, InsyaAllah, Amin
2. memberikan pedidikan yang terbaik buat anak-anak kita natinya, ingat kita juga harus ingat pendidikan yang terbaik yang pertama sekali yang di berikan kepada anak-anak kita nanti adalah pendidikan dari dalam keluarga, tentunya mendidik berdasarkan syariat islam. meskipun banyak sekolah-sekolah yang memiliki kualitas yang baik dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan, selagi kita bisa memiliki uang yang lumayan banyak, maka dari itu mari kita siapakan dari sekarang buat tabungan masa depan nanti meskipun sedikit demi sedikit. : )
3. memberikan makan yang terbaik dari yang halal dan toyiban, ya di sini juga termasuk bagai mana cara kita mencari uang tersebut dengan cara yang halal or haram, terus kita juga harus memperhatikan apa yang kita konsumsi, banyak makanan yang halal tapi belum tentu baik untuk kesehatan, hem meskipun harus menegeluarkan banyak uang nih...hem maka dari itu kita harus berusaha untuk mendapatkannya tentunya dengan cara yang halal, ingat bukan dengan cara korupsi, mencuri apalagi sampai harus jual diri, sekali lagi kita harus ingat bahwa apa yang kita lakukan kelak akan kita pertanggung jawabkan di akherat kelak, jadi bukan hanya di dunia saja. Hem tetap semangat, tidak ada kata sulit selagi kita mau berusaha, berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT.
4. Mempersiapkan sekolah yang terbaik, meskipun di tempat kita banyak sekolah yang terbaik dan bekualitas tinggi tapi belum tentu sekolah tersebut mengutamakan ilmu tentang agama islam, apalagi tentang akhlak seorang ana, jadi sebagai orang kelak kita harus berhati-hati dalam menentukan sekolah mereka kelak, hem meskipun kita belum tau kapan kita menikah tapi kita harus punya planning dan persiapan yang matang ketika waktunya nanti tiba.dll

Tanggung jawab terhadap masyarakat
1. Kita harus menjadi tauladan yang baik di masyarakat, jangan memebrikan contoh yang kurang baik, jadi mulai sekarang kita harus belajar menjadi orang yang ramah tamah dengan lingkungan sekitar, jangan sapai kita termasuk oramg-orang yanmg sombong.
2. Selagi kita mampu alagkah baiknya kita mendakwakan, apa ilmu yang kita peroleh, jadi kita harus banyak-banyak bergaul dengan orang, ingat kita semua adalah seorang Dai jadi meskipun ilmu kita baru sedikit alangkah baiknya jika kita bisa salang berbagi. dll

Semoga semua ilmu yang kita peroleh hari ini bisa barokah dan bermanfaat untuk kita semua.

Yuk buat para muslimah,kita harus ingat apa tanggung jawab kita sebagai seorang muslimah sebelum dan sesudah menikah nanti.











Artikel Menarik Lainnya

Posted on 2015-12-23 17:16