Wanita Cantik Menurut Pandangan Islam

Posted on 2017-01-06 14:51





Sebagai wanita umumnya selalu ingin tampil cantik dan menarik, karena wanita memang identik dengan kecantikan. Kecantikan itu relatif, tergantung dari cara pandang kita melihatnya. Mungkin kita sering menilai kecantikan wanita itu secara fisik, seperti artis bintang iklan kosmetik dan artis sinetron atau artis film. Lalu seperti apa sih makna cantik itu menurut islam?

Wanita cantik menurut pandangan Islam bukanlah mereka yang memiliki wajah cantik, memakai perhiasan berlebihan, make up secara sempurna ataupun yang menggunakan pakaian mewah. Namun wanita yang dimaksudkan disini adalah wanita salehah yang tentu saja syar’i dan cantik luar dalam.
 
Menurut buku Ensiklopedi kata-kata Al Qur’an AL Karim yang di keluarkan oleh Dewan Bahasa Arab, Kecantikan dimaknai dengan keanggunan, kehalusan dan keelokan. Ada juga yang mengartikan kecantikan dalam kasad mata yaitu hal yang indah yang dapat membuat seseorang menjadi suka dan mencintai.
 
Kecantikan tidak hanya di berikan kepada manusia saja tetapi kepada segala sesuatu di alam raya ini dari ciptaan ALLAH yang indah termasuk di dalamnya hewan dan tumbuhan.Bukan pada alam semesta dan isinya saja kecantikan dapat diberikan tapi juga kepada sifat manusia,akhlak dan tabiatnya serta tutur katanya yang indah. Islam adalah agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan. Dimana kecantikan itu berupa kecantikan maknawi yaitu kecantikan berupa jiwa, akhlak, sifat dan sikap.
 
Ketika ALLAH menyebut cantik Hiasan dalam Al Qur’an, ALLAH menyebut sebagai sifat bidadari: ”Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik” (QS.Ar Rahman:70)

Kecantikan hiasan haruslah didahului dengan kecantikan ”Khairaat” agar kita wanita tahu bahwa seorang wanita yang baik adalah wanita yang memiliki kecantikan sifat dan akhlak lebih baik dari pada wanita yang memiliki kecantikan fisik dan rupa semata. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa dalam Al Qur’an ALLAH tidak memberikan patokan khusus pada kecantikan fisik dan rupa bagi wanita ataupun pria.

Seperti pada Hadits Rasulullah berikut ini”Sesungguhnya ALLAH tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian,tapi ia melihat hati dan amal kalian” (HR.Muslim,Ahmad dan Ibnu Majah)

Dalam Hadits lain Rasulullah mengatakan bahwa wanita shalehah adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Dari Amr ibnu ra : ”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah” (HR.Muslim,Ibnu Majah dan An Nasai)

Jadi kecantikan dalam Al Qur’an dan Islam bukan dilihat pada kecantikan fisik dan Rupa semata tapi lebih pada kecantikan Sifat, tabiat, kebaikan hati dan akhlak seorang wanita. Wanita tidak perlu takut tidak cantik karena setiap wanita itu cantik dan indah apabila mempunyai akhlak yang indah pula,buat apa rupa dan fisik kita cantik tapi hati tidak cantik karena kecantikan fisik dan rupa akan hilang seiring waktu dan usia berlalu terkecuali bagi yang Operasi mungkin kecantikannya bertahan tapi apa ada orang yang mau dengan yang palsu?
 
Bagi wanita yang masih sendiri, definisi cantik dalam Islam memang dijelaskan dengan sangat jelas. Seorang wanita yang cantik dalam Islam adalah wanita yang bisa menjaga dirinya sendiri. Artinya wanita tersebut harus bisa menjaga penampilannya baik penampilan luar dan dalam. Untuk terlihat cantik sebenarnya seorang wanita harus bisa membersihkan diri dan merawat apa yang diberikan oleh Allah kepada dirinya.
 
Wanita yang masih sendiri tidak boleh mengumbar bagian-bagian tubuhnya apalagi pada orang yang bukan merupakan pasangannya. Ini hukumnya haram. Definisi cantik untuk wanita yang masih sendiri adalah wanita yang bisa membuat nyaman semua orang yang berada di sekitarnya. Artinya wanita ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Kisah Menarik:
Suami Yang Diduakan Oleh Istrinya Karena Bantal

Kecantikan Akhlak dan kebaikan hati tidak akan pernah hilang walau di makan waktu dan usia dia akan tetap abadi. 

Wanita yang menjadi idaman semua orang ini merupakan sebaik-baiknya perhiasan dunia. Karena ciri-ciri wanita cantik dalam Islam bukan hanya perkara fisik saja tapi lebih kepada ahlaknya.

Berikut ini ciri dan sifat wanita cantik menurut pandangan Islam:

Beriman
Wanita muslimah adalah wanita yang beriman, yang taat kepada perintah Allah sebagai rabbnya dan menjauhi segala larangannya. Serta selalu mengikuti sunnah-sunnah rasulnya dan menjadikan Al-quran sebagai pedoman hidupnya.

Menjaga Sholat
Shalat merupakan tiang agama, dan wanita muslimah akan selalu menjaga shalat lima waktu dengan wudlu’nya, serta menunaikannya dalam kekhusyukan, dan mendirikan sholat tepat pada waktunya, sehingga tidak ada sesuatu pun yang menghalanginya dari sholat itu.

Tidak ada sesuatu apapun yang melalaikan dari beribadah kepada Allah SWT sehingga nampak jelas padanya hasil dari sholatnya itu. Sebab sholat dapat mecegah dari pada perbuatan keji dan mungkar serta benteng dari perbuatan maksiat.

Menjaga Hijab
Wanita muslimah adalah yang menjaga hijabnya dengan rasa senang hati dan sebaik-baiknya. Sehingga dia tidak akan keluar kecuali dalam keadaan berhijab rapi menurut tuntunan Islam. Dia yang mencari perlindungan Allah serta bersyukur kepadanya atas kehormatan yang diberikan.  Dengan adanya hukum hijab kepada para wanita, Allah SWT menginginkan terjaga kesucian baginya dengan hijab tersebut.

Menjaga Kehormatan
Wanita sholehah selalu menjaga kehormatan dan ketaatan kepada suaminya, sayang kepadanya, mengajaknya kepada kebaikan, menasihatinya, memelihara kesejahteraannya, tidak mengeraskan suara dan perkataan kepadanya, serta tidak menyakiti hatinya.

Pendidik yang Baik
Wanita muslimah adalah wanita yang mampu mendidik anak-anaknya untuk taat dan bertakwa kepada Allah SWT. Mengajarkan kepada mereka aqidah yang benar, menanamkan ke dalam hati mereka perasaan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, menjauhkan mereka dari segala jenis kemaksiatan dan perilaku tercela.

Patuh pada Suami
Wanita muslimah tidak berkhalwat (berduaan) dengan laki-laki bukan mahramnya. Wanita sholehah dilarang bepergian jauh kecuali pergi dengan mahramnya, sebagaimana pula dia tidak boleh menghadiri pasar-pasar dan tempat-tempat umum kecuali karena mendesak dan sudah dapat izin dari suaminya atau mahramnya.

Tidak Menyerupai Laki-laki dan Orang Kafir
Wanita muslimah adalah wanita yang tidak menyerupai laki-laki dalam hal-hal khusus yang menjadi ciri-ciri mereka. Juga tidak menyerupai wanita-wanita kafir dalam hal-hal yang menjadi ciri khusus mereka, baik dalam berpakaian, maupun dari caranya bertingkah laku dan gerak-geriknya.

Taat
Wanita muslimah selalu menyeru ke jalan Allah, di kalangan wanita dengan tutur kata yang baik dan sopan, baik berkunjung kepadanya, berhubungan telepon dengan saudara-saudaranya, ataupun lewat sms dan dalam lingkungannya. Di samping itu, dia juga akan mengamalkan apa yang dikatakannya serta berusaha untuk menyelamatkan diri dan keluarganya dari siksa Allah.

Jauh dari Syubhat dan Syahwat
Wanita muslimah selalu menjaga diri dan hatinya dari syubhat maupun syahwat. Memelihara matanya dari memandang sesuatu yang haram. Menjaga farjinya, memelihara telinganya dari mendengarkan nyanyian dan perbuatan dosa atau hal-hal yang dilarang.

Dengan kata lain, wanita yang memelihara dan menjaga semua anggota tubuhnya dari penyelewengan adalah orang-orang yang takwa.

Memanfaatkan Waktu dengan Baik
Wanita muslimah selalu menjaga waktunya, memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar tidak terbuang sia-sia disetiap harinya. Maka dia akan menjauhkan diri dari ghibah (menggunjing), namimah (mengadu domba), mencaci dan hal lain yang tidak berguna.

Baca Selanjutnya:
Setengah Jam Jadi Suami, Pria Ini Ceraikan Istrinya, Alasannya Tidak Terduga!











Artikel Menarik Lainnya

Posted on 2015-12-23 17:16
Posted on 2016-04-15 14:38
Posted on 2016-04-15 16:27
Posted on 2015-11-06 12:53